Welcome To Blog YULIUS SUMIANTO Please Leave Your Comments Thank You

kalau tidak ada, cari di sini aja

Kamis, 26 Januari 2012

SOAL DAN JAWABAN UTS. ADMINISTRASI PERKANTODAN

                                                                                                    Nama       : Yulius Sumianto
SOAL                                                                               Nim          : 2010210057
                                                                                                   Jurusan    : Adm. Negara
                                                                                                   Fakultas   : Ilmu Sosial & Ilmu Politik

TUGAS MANDIRI AKHIR SEMESTER
(Sifat terbuka)
Mata kuliah    : ADM. PERKANTORAN                                       
Dosen             : Sugeng Rusmiwari                                                          

1.    Administrasi dalam arti sempit adalah pekerjaan kantor / tata usaha ketata usahaan (clirecal work) dan( to serve) melayani, dan dalam arti yang lain dikenal baik sebagai ilmu maupun sebagai seni yang dilaksanakan oleh administrator public / leader / manager.
Tugas:
a.    Jelaskan hakekatnya ?
b.    Apa saja sumber daya yang dapat dioptimalkan sehingga efektif, efisien dan rasional, jelaskan singkat ?
c.    Apa saja kendalanya dan bagaimana solusinya ?

2.   Pada dasarnya fungsi Leader dalam organisasi dituntut mampu mengendalikan menyusun Sistem dan    Prosedur Administrasi Perkantoran dengan dasar Etika ber Organisasi dan Etika Memimpin.
Tugas:
             a.    Jelaskan makna konsep tersebut di atas ?
       b.    Apa/bagiamana hipotesis Etika, Organisasi dan Kepemimpinan dalam Sistem dan Prosedur Administrasi Perkantoran agar efektif ?
              c.    Apa tantangan atau hambatan untuk menjadikan Kantor sebagai rumah kedua ?
  
3.    Pada akhirnya setiap diri yang terlibat dalam Organisasi juga akan terlibat dalam Administrasi Perkantoran, baik dia sebagai pemimpin formal maupun pemimpin sesaat. Untuk itu latar belakang / motivasi dalam Pengambilan Keputusan yang berdemensi pada Kebijakan Publik menjadi sangat bermakna.
Tugas:
a.    Jelaskan hakekat konsep tersebut dengan Paradigma Analisis Metta Administration ?
b.    Jelaskan 3 (tiga) unsur yang dominan dengan Pendekatan Metta Leadership?
c.    Kritisi Standar Penampilan Pribadi (Grooming) bilamana Keputusan yang diambil harus Benevolent Autocrat ?

4.    Tugas anggota organisasi mulai dari Top Leader hingga Follower adalah memberikan Pelayanan Publik  (Excellent Services/Customer Care) atau Pelayanan Prima dengan sebaik-baiknya bagi yang membutuhkan baik bersifat Vertikal maupun Horizontal sehingga tercipta Good Organization dan Good Governance.
Tugas:

a.    Kritisi makna konsep tersebut di atas saudara sebagai Cendekiawan yang Akuntable !
b.    Dengan konsep tersebut dapatkah pengembangan karier (cereer development) pegawai  apakah dapat berjalan efektif ?
c.    Berikan advocasi jod grading, agar link and match agar good and good.

Keterangan:
1.    Hasil ujian dikumpulkan pada saat UAS, yang sebelumnya telah dimasukkan pada Blogg masing-masing.
2.    Berkas yang diterima dosen adalah print out dari Blogg masing-masing, dilampirkan usulan nilai yang diketahui ketua kelompok dan ketua kelas.
3.   Ketua Kelompok dan Ketua Kelas merekap anggotanya masing-masing.  
4.  Saat ujian hari H ada satu soal yang dikerjakan di tempat ujian.



JAWABAN

1.a.   hakekat administrasi adalah seluruh pekerjaan yang merupakan gabungan antara seni dan melayani dalam tata pembukuan, catat mencatat, dan tulis menulis.
   
    b.  sumber daya yang dapat dioptimalkan adalah, sumber daya manusia termasuk sumber daya kepribadian yang baik  mulai dari ketekunan, keuletan dan ketaatan dalam mengerjakan dan meoptimalkan  fungsi-fungsi yang telah ditentukan.
  
    c.  dalam hal ini kendala-kendala  yang sering muncul adalah kerjasama antara atasan dan bawahan yang  kurang baik, kuran komunikasi, dan kurang berinteraksi di dalam satu organisasi.
         Maka dari itu untuk menciptakan administrasi dan administrator yang baik, maka perlu melakukan komunikasi yang baik, berinteraksi dalam organisasi sehinga mampu menciptakan kerjasama yang baik dan menghasil administrator yang good gvernance.

2.a.  maknanya adalah, leader merupakan sosok pemimpin yang mampu menciftakan suasana yang kondusif, dan mampu memberikan contor dan arahan yang baik bagi anak buahnya.
  
   b.   80% seorang pemimpin mempunyai etika oranisasi dan etika memimpin.

   c.   tantangannya adalah tidak bisa pokus pada satu pekerjaan. Sedangkan hambatanya adalah suasana yang tidak nyaman yang mengakibatkan tidak bisa konsentrasi.

3.a.  pada intinya setiap manusia pasti menjadi seorang pemimpin, yang paling pertama menjadi pemimpin bagi dirinya, dan pemimpin dalam rumah tangga.
  
   b. Dari sudut proses
             yaitu segala kegiataan yang dilakukan untuk mencapai Tujuaan dimulai dari proses pemikiran ,proses pelaksaan sampai kepada proses tercapai nya tujuaan itu sendiri
-     Dari sudut fungsional
 Bahwa dalam segala kegiataan untuk mencapai tujuan yang telah di tentukan itu Terdapat berbagai fungsi /Tugas perancanaan mengorganisir menggerakkan mengawasi segala kegitan agar tidak terjadi penyimpangan .
-   Dari sudut instisional
            Administrasi adalah sebagai suatu total litas kelembagaan dimana lembaga Tersebut Terdapat kegiataan yang dilakukan untuk mencapai tujuan  Bersama.

 
   c.   bila seorang leader mengambil keputusan benevolent autocrat, maka mereka harus mampu menyesuaikan penampilan mereka dengan keputusan yang telah mereka ambil dan mereka harus memiliki kepribadian yang kritis dan berpenampilan yang menarik.

4. a. intinya setiap leader mulai dari Follower sampai top laeder  tugasnya sama yaitu melayani, baik sifatnya Vertikal maupun Horisontal. Dan semua itu mempunyai perspektif masing-masing, karan yang bersifat horisonta dan vertikal masing-masing punya cara tersendiri karena sifat melayaninya juga berbeda-beda antara kita melayani sesama manusia dengan melayani Tuhan.
   
     b. kalau dilihat dari konsep di atas pengembangan karir kemungkinan besar dapat tercipta, namun di dalam pengembangan karing yang sangat berperan penting adalah diri manusia itu sendiri, karena terciptanya karir yang baik berawal dari kepribadian yang baik.

c. yaitu pegawai yang berkerja dikantor, baik swasta maupun non swasta (government and Non goverment), yang berusaha memberikan jasa/kinerjanya untuk mencapai Tujuan dengan kepribadian yang baik dilandasi oleh Etika, Filsapat serta dilandasi dengan Agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar